Ferdian Adi

Jurnal Makna dan Inspirasi
my writing @TRIBUN JOGJA

Training Provider Jogja di Timor Leste

Pada tanggal 27 Agustus 2014 saya kembali berada di Timor Leste. Perjalanan ketiga saya ke Timor Leste untuk menjadi konsultan pelatihan sumber daya manusia. Saya sempatkan menulis untuk kolom Citizen Journalism Tribun Jogja. Sebuah koran lokal di Daerah Istimewa Yogyakarta dan bagian dari jaringan nasional Tribun Network. Alhamdulillah, tulisan ini dimuat di Tribun Jogja pada 29 Agustus 2014.

my writing @TRIBUN JOGJA
my writing @TRIBUN JOGJA

Berikut versi lengkap tulisannya:

***

Training Provider Jogja di Timor Leste

Ditulis oleh:

FERDIAN ADI PRASETYO

Direktur Conversa Indotama Training&Consultant

Conversa Indotama (CI) adalah salah satu training provider dan konsultan di Yogyakarta. Pada bulan April hingga Mei 2014 yang lalu CI telah memulai kerjasama dengan Gear Speed Timor Leste salah satu perusahaan general contractor milik pengusaha Timor Leste dalam Pelatihan Operator Alat Berat. Di Bulan Agustus ini Conversa Indotama kembali melaksanakan kerjasama pengembangan sumber daya manusia di Timor Leste dengan Comve Unipessoal, Lda khususnya di bidang otomotif. Kerjasama Conversa Indotama dengan perusahaan-perusahaan tersebut adalah langsung di bawah supervisi Asian Development Bank dan SEPFOPE (SECRETARY OF STATE FOR PROFESIONAL TRAINING AND EMPLOYMENT) TIMOR LESTE.

Trainer Conversa Indotama memulai Project Instalasi dan Pelatihan Alat Peraga Otomotif di Don Bosco Training Center, Dili, Timor Leste, sejak tanggal 26 Agustus 2014. Direncanakan program ini akan selesai dalam kurun waktu 7 hari. Alat peraga otomotif dengan jumlah dan volumenya yang tidak sedikit diproduksi di Yogyakarta telah disiapkan jauh-jauh hari sebelumnya. Project ini diikuti oleh beberapa siswa didik di Don Bosco Training Center dan para pengajarnya yang diagendakan mengikuti training of trainer.

Tujuan dari project ini tak lain adalah untuk meningkatkan kompetensi SDM di Timor Leste khususnya dalam bidang teknik otomotif. Oleh karenanya mereka membutuhkan kelengkapan fasilitas alat peraga pengajaran otomotif yang fungsional dan pola transfer knowledge yang efisien di Don Bosco Training Center, salah satu pusat pengembangan keterampilan sumber daya manusia milik Pemerintah Timor Leste.

Ruy Gusmao sebagai Direktur Utama di GearSpeed Group dan Marcos Barreto sebagai Direktur Comve Unipessoal Lda. menyatakan senang bisa bekerjasama intensif dengan Conversa Indotama. Selain mendapatkan kualitas layanan training yang maksimal, bekerjasama dengan Conversa Indotama sebagai perusahaan Indonesia juga efisien dengan komunikasi dan kultur budaya yang mudah dipahami.

Pemerintah Timor Leste sendiri terus berupaya mengakselerasi sumber daya manusianya semaksimal mungkin. Terutama menciptakan tenaga kerja terdidik dan berkompeten. Sejak memulai kerja di Timor Leste Conversa Indotama telah diminta oleh pihak SEPFOPE untuk menyusun serangkaian program dalam berbagai bidang khususnya dibidang vokasional dan peningkatan kualitas tenaga kerja.

Sebagai perusahaan jasa pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia dari Indonesia dan Kota Yogyakarta pada khususnya, Conversa Indotama menyambut ini sebagai momentum untuk mengokohkan organisasinya dalam skala hubungan internasional. Termasuk didalamnya adalah rencana kerjasama dengan GearSpeed Timor Leste untuk membangun sebuah training center baru.

Meski dengan latar belakang sejarah hubungan antar negara yang kurang baik, Conversa Indotama bertekad untuk bisa ikut berpartisipasi untuk terus memperbaiki iklim kerjasama antara Indonesia dan Timor Leste. Melalui beberapa kerjasama ditahap awal ini terbukti bahwa kualitas dan standar pendidikan kita masih diakui oleh negara yang akan merayakan Peringatan Hari Referendumnya pada tanggal 30 Agustus besok.

Pertama kali diposting pada 29 Agustus 2014

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.